>Sepuluh Hal Patut Diwaspadai Saat Mengendarai Mobil di Jalan

>

Lalu lintas (lalin) di China dalam kondisi ‘pamer’ (padat merayap). Dalam kondisi seperti itu, tentu sangat tidak nyaman mengendarai mobil. Kenyataannya, seperti dilaporkan China car Times, justru mengemudi mobil negeri tirai bambu sangat menyenangkan.

Apalagi di bagian barat China, setiap pengemudi acap berada di jalurnya dan tidak pindah-pindah atau melakukan zig-zag. Sekalipun terdesak waktu, sangat tidak mungkin untuk melaju kencang karena dihadang pamer itu.

Lalin di China bisa tertib lantaran sudah diatur, mulai dari soal kecepatan, mobil harus melewati terowongan bawah (underpass), daerah khusus untuk menyalip, dan datangnya arah mobil dari yang tidak Anda inginkan.

Kebetulan Anda berada di China dan ingin mengendarai mobil, perhatikanlah 10 hal di bawah ini.

1. Pengemudi taksi Kondisi lalu lintas yang padat membuat mereka terkadang tidak mengindahkan peraturan. Nah, biasanya, sebelum penumpang naik dijawabnya soal rute tujuan dengan kata ‘terlalu jauh’, ‘terlalu pendek’ atau ‘bukan arahnya’. Dan cara mengemudikan mobil terkadang bikin pengendara lain jengkel.

2. Pejalan kaki Saat melaju dengan kecepatan 60 km per jam, tingkat kewaspadaan harus tinggi, terutama di sekitar jalan yang tidak ada trotoar. Lain hal kalau pukul 5 pagi, kehadiran manusia di sisi jalan sudah bisa diantisipasi sedang jalan pagi.

3. Mobil nyelonong Saat terjebak antrean, jangan asyik menelpon atau mendengar musik. Perhatikan mobil belakang atau depan (tergantung kondisi jalan) jangan sampai nyelonong dan menabrak Anda. Sebaliknya, kendaraan Anda pastikan dalam posisi terkunci (tarik rem tangan).

4.Pengemudi jorok Di persimpangan, Anda hendak belok ke kanan. Ternyata, di depan ada kendaraan yang seharusnya belok, tetap diam di jalur karena menunggu lampu rambu menyala hijau dan ternyata ia melaju lurus.

5. Penyerobot jalur Berada di persimpangan yang bisa belok kiri dan kanan, sementara Anda melesat di jalur tengah untuk lurus. Perhatian kendaraan dari kedua sisi yang ke luar jalur tiba-tiba karena tertahan kendaraan di depan yang tidak belok tapi lurus.

6.Penyerobot lampu rambu Saat lampu rambu menyala merah, terkadang ada satu atau dua mobil suka menerabas. Ada baiknya, sebelum berhenti, perhatikan laju kendaraan di belakang.

7. Pengemudi baru Suka ada yang baru bisa mengemudi masuk ke jalan yang lalu lintasnya padat. Lebih repotnya, ia melesat 20 km per jam di jalur zone 60 km per jam sebelum lampu rambu. Lebih celaka lagi, Anda coba menyalipnya di dekat lampu rambu yang akan menyala merah.

8.Polisi lalu lintas Di kota besar dengan lalin yang padat, polisi pengatur arus lalin suatu keharusan. Harus berada di tempat atau berdiri pada posisi yang jelas saat menunggu orang-orang yang melanggar peraturan.

9. Pengebut jalanan Sangat berbahaya, anak muda ngebut sesuai keinginannya, tapi memakai kendaraan murah. Lebih parah lagi, usia kendaraan cukup tua dan dan bila jumpa dengan mereka, cepat salip dan tinggalkan.

10. Sopir truk Jalan tol di China termasuk yang terbaik di dunia. Tapi, pengemudi truk suka menyalip mendadak sesama mereka. Sangat berbahaya jika Anda sedang melesat dengan kecepatan tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s